Penyebab Hipertensi Tidak Langsung

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hipertensi yaitu dengan mewaspadai penyebab hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa. Penyakit hipertensi berhubungan dengan tekanan darah. Tekanan darah adalah tekanan yang dihasilkan oleh jantung untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh, tanpa tekanan darah tidak dapat didorong dan dialirkan ke organ-organ dan jaringan tubuh. Namun, apabila tekanan darah terlalu tinggi dapat membahayakan organ-organ tubuh terutama organ vital seperti jantung, ginjal, dan otak.

Hipertensi merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Hipertensi juga dapat membunuh secara diam-diam karena hipertensi tidak memiliki gejala-gejala yang dikenali. Maka dari itu, lebih baik melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit hipertensi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hipertensi yaitu dengan mewaspadai faktor penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab hipertensi kita akan lebih waspada dan dapat menghindari efek dari penyakit ini.


penyebab hipertensi
Tensimeter  digital untuk mengukur tekanan darah (tensi)


Penyebab Hipertensi secara Tidak Langsung

Berikut ini merupakan beberapa penyebab hipertensi secara tidak langsung:  

Riwayat Keluarga
Penyebab hipertensi yang pertama yaitu riwayat keluarga. Apabila orang tua Anda atau saudara Anda memiliki hipertensi atau darah tinggi, maka risiko Anda untuk mengalami hipertensi akan meningkat.

Obesitas
Penderita berat badan sangat berlebih akan membutuhkan asupan darah yang lebih banyak sehingga tubuh akan meningkatkan tekanan darah.

Makanan Tinggi Garam (Sodium)
Makanan tinggi garam dapat menjadi salah satu penyebab hipertensi. Terlalu banyaknya kandungan sodium dapat menyebabkan tubuh untuk mempertahankan cairan dalam pembuluh darahnya. Volume darah yang meningkat aka menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan juga. Maka dari itu untuk menghindari penyakit hipertensi, kurangilah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kadar garam yang tinggi.

Kurang Aktivitas Fisik 
Penyebab hipertensi yang berikutnya yaitu kurangnya aktivitas fisik. Orang-orang yang tidak aktif akan cenderung memiliki denyut jantung yang lebih tinggi. Semakin tinggi detak jantung, semakin sulit jantung untuk bekerja dengan optimal dan tekanan darah akan tinggi.

Perokok
Merokok dapat juga menjadi penyebab hipertensi. Baik perokok aktif maupun perokok pasif serta pengunyah tembakau, semuanya akan merasakan dampak jangka panjang berupa darah tinggi. Bahan kimia dalam tembakau dapat merusak lapisan dinding arteri. Hal ini juga dapat menyebabkan arteri mengalami penyempitan sehingga meningkatkan tekanan darah.

Kurang Vitamin D
Kekurangan vitamin D menjadi penyebab hipertensi karena vitamin D dapat memengaruhi enzim yang diproduksi oleh ginjal yang memengaruhi tekanan darah.

Alkohol
Penyebab hipertensi yang selanjutnya yaitu karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Seiring dengan berjalannya waktu mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat merusak jantung. Meminum alkohol lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan lebih dari satu gelas sehari untuk wanita akan memengaruhi tekanan darah.

Stres
Tingkat stres yang tinggi dapat menjadi penyebab hipertensi. Stres dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah. Maka dari itu, cobalah untuk menenangkan diri jauhkan diri dari stres. Akan tetapi, jangan menenangkan diri Anda dengan merokok, meminum alkohol dan makan lebih banyak karena hal tersebut hanya akan meningkatkan tekanan darah.

Penyakit hipertensi meskipun banyak dialami juga oleh anak-anak. Pada beberapa anak, tekanan darah tinggi disebabkan oleh penyakit ginjal atau jantung. Selain itu, faktor penyebab lainnya adalah gaya hidup yang buruk, obesitas, dan kurang berolahraga dapat juga menyebabkan penyakit hipertensi.


Oleh: Bidan Sulistia
Editor: Adrie Noor
Sumber: mediskus.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :