Cara Menangani Hipertensi ( Cara Tradisional)

Tekanan darah tinggi jika tidak diatasi akan menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu, bagi Anda yang menderita penyakit hipertensi wajib untuk mengetahui cara menangani hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit yang tidak asing lagi kita dengar. Khususnya di Indonesia dengan jumlah masyarakatnya yang banyak, hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Hipertensi merupakan  penyakit yang terjadi akibat tingginya tekanan darah dalam tubuh.



cara menangani hipertensi

Tensimeter digital untuk mengukur tekanan darah (tensi)


Cara Menangani Hipertensi dengan Obat Tradisional

Di bawah ini merupakan obat tradisional yang bisa kita gunakan sebagai obat antihipertensi, antara lain:

1. Mengkudu
Cara menangani hipertensi yang pertama dengan menggunakan Mengkudu. Caranya , siapkan beberapa biji buah mengkudu lalu cuci bersih dan parut. Setelah diparut, peras dan ambil sarinya saja dan minum 2 sampai 3 kali sehari. Jika Anda mengidap penyakit kencing manis juga, ramuan ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut.

2. Daun Meniran
Cara menangani hipertensi berikutnya yaitu dengan menggunakan daun Meniran. Caranya, cuci seperempat genggam daun meniran dan giling halus. Setelah itu tambahkan setengah gelas air yang sudah matang. Lalu peras dan saring. Setelah itu minum hasil perasan tadi. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali sehari. Jika Anda mengalami hipertensi yang disertai pembengkakan kaki, hal ini menunjukkan adanya protein dalam air kemih. Ramuan ini dapat digunakan juga untuk mengatasi penyakit tersebut. Namun, jangan konsumsi daun meniran dengan cara yang berlebihan.

3. Mentimun
Cara menangani hipertensi selanjutnya yaitu dengan menggunakan mentimun. Caranya, ambil dua buah mentimun cuci sampai bersih dan parut. Setelah itu, peraslah hasil parutan tadi sehingga hanya tersisa sarinya saja. Minumlah sari mentimun secara rutin 2-3 kali sehari.

4. Daun Pegagan
Cara menangani hipertensi lainnya yaitu dengan menggunakan daun pegagan. Caranya, cuci bersih 20 lembar daun pegagan. Didihkan tiga gelas air lalu masukan daun yang sudah kita cuci tadi. Kemudian didihkan hingga tersisa setengah gelas. Apabila sudah, dinginkan dan saring, hasil dari ramuan tadi bisa dipakai untuk tiga kali minum. jadi jangan dihabiskan sekaligus. Minum dengan air gula dengan rutin.

5. Rimpang Kunyit
Cara menangani hipertensi berikutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Caranya yaitu cuci bersih rimpang kunyit lalu parut, jika sudah diparut semua tambahkan satu sendok madu lalu aduk bisa juga dengan cara diremas. Setelah itu, peras dan saring hingga diperoleh campuran sari rimpang kunyit dan madu. Minum 2-3 kali sehari.

6. Buah Belimbing Manis
Cara menangani hipertensi selanjutnya yaitu dengan buah belimbing manis. Caranya yaitu dengan mengonsumsi buah belimbing manis yang sudah matang sebanyak dua buah. Makanlah sehabis makan pagi dan sore.

7. Lobak
Lobak dapat juga digunakan sebagai menangani mengatasi hipertensi. Caranya yaitu dengan siapkan satu buah lobak yang sudah dicuci bersih dan parut hingga halus. Setelah itu, peras dan saring hingga diperoleh sarinya saja. Lalu minum sari lobak tersebut.

8. Seledri
Seledri juga dapat digunakan sebagai obat antihipertensi. Caranya, ambillah 16 batang seledri lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, potong-potong kasar dan masukan ke dalam panci. Tambahkan dua gelas air, tunggu sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa 1/2 gelas. Hasil ramuan seledri ini bisa untuk dua kali minum.


Oleh: Bidan Sulistia
Editor: Adrie Noor
Sumber: inkesehatan.blogspot.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :