Makanan untuk Penderita Hipertensi

Makanan untuk penderita hipertensi sebaiknya dipilih supaya tidak menambah parah penyakit pada pasien. Makanan merupakan sumber nutrisi dan memengaruhi kesehatan tubuh. Ada jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi ada pula yang sebaiknya dihindari. Beberapa jenis makanan dapat memperparah kondisi kesehatan penderita hipertensi, sebagian lagi dapat membantu mengontrol tekanan darahnya. Para penderita hipertensi sebaiknya menjaga asupan makanan agar tekanan darah bisa dikontrol karena makanan tertentu bisa memperparah hipertensi, tetapi  ada juga makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.




makanan untuk penderita
Tensimeter digital untuk mengukur tekanan darah (tensi)


Berikut ini merupakan macam-macam makanan untuk penderita hipertensi, di antaranya:
1. Gandum
Gandum merupakan makanan untuk penderita hipertensi karena memiliki kandungan serat, protein, vitamin B dan selenium mampu menjaga kestabilan tekanan darah.

2. Bawang putih
Bawang putih merupakan makanan untuk penderita hipertensi karena mampu bertindak sebagai pengencer darah. Selain itu, kandungan antibakteri dan antijamur bawang putih juga mampu mencegah komplikasi yang disebabkan hipertensi seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Buah pisang
Dalam 1-2 buah pisang yang Anda konsumsi setiap hari akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam buah pisang dapat menjaga kesehatan Anda. Buah pisang akan membantu Anda dalam mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

4. Kentang
Kentang merupakan makanan untuk penderita hipertensi karena kentang adalah sumber kalium tinggi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan magnesium dalam kentang juga mampu membantu menurunkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Buah apricot
Buah apricot merupakan makanan untuk penderita hipertensi karena memiliki kadar garam rendah dan kandungan zat besi yang tinggi.

6. Brokoli
Brokoli merupakan makanan untuk hipertensi karena memiliki kandungan vitamin C dan beta karsi, kalium dan serat oten yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

7. Kacang mete
Kandungan magnesium dan tembaga dalam kacang mete mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Larangan makanan untuk penderita hipertensi

Meningkatnya tekanan darah tinggi terkadang disebabkan karena makanan tertentu yang mengakibatkan tekanan darah meningkat. Agar tekanan darah turun dan normal, maka sebaiknya hindarilah larangan makanan untuk penderita hipertensi, di antaranya:

1. Makanan berlemak
Makanan yang berlemak merupakan pantangan makanan untuk penderita hipertensi. hal tersebut lemak jenuh di dalam tubuh akan menyempit di pembuluh darah dan memperberat kinerja jantung sehingga tekanan darah naik. Oleh karena itu, makanan berlemak menjadi pantangan makanan untuk penderita hipertensi.

2. Makanan penderita kandungan garam tinggi Makanan penderita kadar garam yang tinggi merupakan pantangan makanan untuk penderita hipertensi karena garam bisa menyebabkan volume darah meningkat. Konsumsi garam yang dianjurkan tidak lebih dari 1 sendok teh. Jika melewati batas tersebut, Anda harus berhati-hati dan segeralah cek tekanan darah. Makanan tanpa garam rasanya memang tidak enak, tetapi Anda bisa menggantinya dengan rempah-rempah lain untuk menyedapkan makanan.

 3. Makanan memiliki kandungan gula tinggi
Gula memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, tetapi  jika dikonsumsi terlalu berlebihan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Obesitas merupakan salah satu penyebab timbulnya darah tinggi. Selain itu, bisa menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

4. Alkohol
Konsumsi alkohol secara berlebihan akan menyebabkan tekanan darah naik. Selain mengurangi alkohol secara langsung, hindari pula makanan yang mengandung alkohol seperti buah durian dan tape.

5. Kopi
Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat menaikan tekanan darah. Oleh karena itu, sangat perlu bagi penderita darah tinggi untuk mengurangi konsumsi kopi atau lebih baik dihindari.

6. Makanan yang mengandung pengawet
Makanan yang berpengawet biasanya mengandung banyak garam. Selain itu, terdapat juga kandungan kimia lainnya yang tidak baik untuk kesehatan.

7. Daging kambing
Daging kambing merupakan pantangan makanan hipertensi dan seringkali hanya mencium bau daging kambingnya saja sudah merasa pusing. Selain itu, hindari pula daging merah lainnya jika hipertensi menyerang.

Cara mengatasi hipertensi

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita hipertensi dan menghindari larangan makanan hipertensi, terdapat pula cara menurunkan hipertensi yaitu dengan melakukan pola hidup sehat, seperti:
  • Mengurangi berat badan, jika penderita mengalami masalah kelebihan berat badan; Hindari rokok;
  • Melakukan diet hipertensi yaitu, makan banyak sayuran, buah-buahan, dan produk olahan susu low-fat, serta hindari makanan yang berlemak;
  • Kurangi kandungan sodium (natrium) dalam masakan sampai kurang dari 1.500 mg per hari jika Anda mengalami hipertensi. selain itu, untuk orang dewasa sangat perlu untuk membatasi asupan natrium sampai tidak lebih 2.300 mg per hari;
  • Melakukan gerakan-gerakan fisik seperti aerobik secara teratur, jalan cepat 30 menit, beberapa hari dalam seminggu;
  • Hindari alkohol.


Oleh: Bidan Sulistia
Editor: Adrie Noor
Sumber: bidanku.com, obatkistaovarium.net, infokesehatan1001.blogspot.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :