Obat Herbal untuk Hipertensi (Darah Tinggi)

Salah satu obat hipertensi adalah dengan obat herbal untuk hipertensi yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Bahan-bahannya mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda. Hipertensi merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh karena penyakit hipertensi bisa menyebabkan komplikasi pada organ vital lainnya sehingga dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, hipertensi tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus diobati secara tuntas.




obat herbal untuk hipertensi
Tensimeter digital untuk mengukur tekanan darah (tensi)


Berikut ini merupakan obat herbal untuk hipertensi, di antaranya:

Buah mengkudu
Buah mengkudu merupakan buah yang sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit termasuk hipertensi. Meskipun buah ini memiliki aroma dan bentuk tidak sedap Namun, memiliki banyak manfaat.Buah mengkudu dapat diracik menjadi obat herbal untuk hipertensi. Caranya, ambil buah mengkudu yang sudah matang sebanyak dua buah, cuci sampai bersih, parut atau blender kemudian saring untuk diambil airnya. Minumlah obat herbal untuk hipertensi ini sehari 2-3 kali.

Buah belimbing wuluh
Belimbing wuluh disebut jua belimbing sayur, belimbing wuluh tidak berbentuk seperti belimbing (bintang) bentuknya panjang, warnanya hijau, dan rasanya asam  Biasanya buah ini digunakan untuk bahan masakan. Belimbing wuluh memiliki banyak khasiat, salah satunya sebagai obat herbal hipertensi. Caranya, ambil lima buah belimbing wuluh lalu parut dan diambil airnya. Minum ramuan ini dua kali sehari. Selain itu, belimbing wuluh juga berkhasiat untuk obat batuk, obat jerawat, dan gondongan.

Macam-macam Daun Tanaman Obat Herbal untuk Hipertensi


Daun suji
Daun suji yang biasa digunakan sebagai pewarna alami. Makanan ini merupakan obat herbal hipertensi. Caranya, daunnya direbus dengan air lalu diminum secara rutin.

Daun pepaya
Daun pepaya merupakan obat herbal hipertensi dengan cara ambil daun pepaya 5 lembar, cuci bersih kemudian ditumbuk, diremas-remas dan peras ambil airnya. Minum obat herbal hipertensi ini 1-2 kali sehari sebanyak seperempat-setengah gelas.

Daun seledri
Daun seledri merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan, tetapi  ternyata bisa juga digunakan sebagai obat herbal hipertensi. Cara membuatnya ambil daun seledri, cuci bersih, remas-remas tambahkan air bersih secukupnya . Kemudian peras dan saring untuk diambil airnya, minumlah obat herbal hipertensi ini secara rutin sehari tiga kali sebanyak dua sendok makan.

Daun alpukat
Daun alpukat memiliki kandungan anti bakteri dan berkhasiat lainnya. Untuk mengobati darah tinggi caranya ambil empat lembar daun alpukat, lalu cuci hingga bersih, rebus dengan menggunakan air bersih. Angkat dan dinginkan, lalu minum sehari satu kali. Daun alpukat juga berkhasiat untuk sakit pinggang dan sakit perut.

Daun sintrong
Cukup dengan dijadikan lalapan daun sintrong bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun salam
Daun salam dikenal sebagai bumbu masakan. Selain itu ternyata daun salam bermanfaat juga untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Cara membuat ramuan ini, ambil daun salam 10-15 lembar cuci bersih, lalu direbus dengan 3 air bersih sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum sekaligus pada pagi hari sewaktu perut kosong. Daun salam bekas direbus tadi bisa digunakan sekali lagi untuk diminum sore harinya.

Obat Herbal untuk Hipertensi Dengan Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Asupan makanan dapat memengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, selain mengobati dengan obat herbal hipertensi, juga perlu diperhatikan asupan yang dikonsumsi. Berikut ini merupakan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, di antaranya:

Yoghurt murni rendah lemak
Kandungan kalsium dalam yoghurt memiliki manfaat untuk penderita hipertensi. Kalsium membantu untuk menurunkan tekanan darah sampai 1.9 poin pada angka sistolik dan 1.0 poin pada angka dastolik jika dikonsumsi 1.200 mg per hari.

Almond
Almond dapat mengatur tekanan darah tinggi. Selain itu, dapat juga membantu menjaga kadar kolesterol karena mampu meningkatkan protein High Density Lipoproteins (HDL) atau kolesterol baik dan menurunkan jumlah protein Low Density Lipoproteins (LDL) atau kolesterol jahat.

Makanan Bergaram Rendah
Garam dikenal sebagai salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi garam dalam masakan.


Oleh: Bidan Sulistia
Editor: Adrie Noor
Sumber: herbal.tanijonegoro.com, dokita.co.id


Terima kasih untuk Like/comment FB :