Tanda dan Gejala Hipertensi (Penyakit Darah Tinggi)

Tanda dan gejala hipertensi seringkali tidak disadari, sebagian besar penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit berbahaya ini. Hipertensi atau yang disebut juga sebagai tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa terutama orang lanjut usia. Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai lebih dini. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa orang yang terkena hipertensi di Indonesia mencapai 31,7% yang artinya dari 3 orang biasa, satu orang mengalami hipertensi, dan 76,1% dari penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami sakit hipertensi sehingga pengobatan agak terlambat dilakukan.

Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena jika penyakit ini dibiarkan dapat menjadi berbahaya dan menyebabkan komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Banyak orang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi tanpa menyadarinya karena penyakit ini tidak memiliki tanda dan gejala hipertensi yang jelas.



tanda dan gejala hipertensi

Tensimeter digital untuk mengukur tekanan darah (tensi)


Tanda dan Gejala Hipertensi secara Umum

Dalam beberapa kasus, seseorang penderita hipertensi dia bisa saja mengalami tanda dan gejala hipertensi seperti:
1. Sakit Kepala
Tanda dan gejala hipertensi yang pertama yaitu sakit kepala yang berkepanjangan. Apabila Anda merasakan sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus, bisa saja ini merupakan tanda dan gejala hipertensi karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Anda dapat terserang sakit kepala jika tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg.

2. Mati Rasa
Tanda dan gejala hipertensi yang kedua yaitu mati rasa atau kesemutan yang diakibatkan meningkatnya tekanan darah akibat hipertensi. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

3. Merasa Pusing
Tanda dan gejala hipertensi yang ketiga yaitu pusing. Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigo ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

4. Mimisan
Mimisan juga menjadi salah satu tanda dan gejala hipertensi. Jika ternyata Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi kemudian muncul mimisan yang sulit dihentikan segera periksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi.

5. Mual dan Muntah, Pandangan Kabur
Tanda dan gejala hipertensi yang selanjutnya yaitu mual dan muntah. Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit Namun, pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah ini disertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan tempo yang pendek-pendek.

6. Titik Darah pada Bagian Mata
Ketika Anda melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, Anda perlu waspada karena bisa saja titik darah tersebut merupakan tanda dan gejala hipertensi. Hal tersebut terjadi akibat pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi. Sebelum Anda menghilangkan titik darah tersebut cobalah minta kepada dokter untuk diperiksa tekanan darah Anda.

Hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan rendah garam, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi makanan olahan dan cerdas memilih makanan yang tepat, selain itu, menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Selain itu, untuk mencegah terjadinya hipertensi, lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin agar tekanan darah Anda lebih mudah terkontrol.


Oleh: Bidan Sulistia
Editor: Adrie Noor
Sumber: hariansehat.com, alodokter.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :