Bahaya Hipertensi pada Organ Tubuh

Bahaya hipertensi menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan segera. Hipertensi atau tekanan darah tinggi secara perlahan dapat merusak tubuh hingga pada akhirnya kerusakan tersebut dapat timbul beberapa tahun setelahnya. Hipertensi dapat memicu serangan jantung yang berakibat fatal apabila tidak dirawat secara adekuat. Hipertensi dapat merusak arteri apabila tidak segera dirawat atau ditangani. Arteri yang kuat, elastis, dan fleksibel adalah arteri yang sehat. Arteri yang sehat memiliki bagian dalam yang halus sehingga darah dapat mengalir dengan mudah sehingga kebutuhan oksigen serta nutrisi pada organ dan jaringan tubuh lainnya dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, hipertensi menyebabkan penyempitan dan kerusakan sehingga arteri menjadi keras, kaku, dan dapat memblok aliran darah dalam tubuh.



bahaya hipertensi
 Tensimeter Digital untuk Mengukur Tekanan Darah (Tensi)



Bahaya hipertensi pada organ tubuh


Berikut ini beberapa bahaya hipertensi yang dapat menyerang organ tubuh. Beberapa organ tubuh yang rentan atau rusak akibat bahaya akibat hipertensi di antaranya ialah:

1. Jantung
Bahaya hipertensi terhadap organ jantung terjadi pada penderita hipertensi dan berisiko terkena serangan jantung akibat aliran darah tidak lancar. Jantung penderita hipertensi harus bekerja lebih keras saat memompa, ditambah adanya sumbatan dari pembuluh darah sehingga otot-otot jantung akan membesar dan tidak lagi efisien untuk melakukan pemompaan.

2. Otak
Bahaya hipertensi terhadap organ otak terjadi pada penderita hipertensi dementia. Dementia terjadi akibat terganggunya suplai darah ke otak sehingga sel otak akan kekurangan oksigen dan nutrisi. Selain itu, penyakit hipertensi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di otak dan memicu pecahnya pembuluh darah otak hingga terjadi serangan stroke.

3. Ginjal
Bahaya hipertensi pada organ ginjal dapat membuat ginjal mengalami kelainan ginjal. Pada umumnya ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring air yang berlebih dan limbah makanan yang berasal dari darah. Apabila arteri rusak karena hipertensi, maka peredaran darah ke ginjal akan terganggu dan ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga limbah tersebut terus menumpuk. Selain itu, asupan nutrisi dan darah ke ginjal akan terganggu karena sel-sel ginjal yang rusak. Nefrosklerosis benigna dan nefrosklerosis maligna merupakan gangguan ginjal sebagai bentuk nyata dari bahaya hipertensi.

4. Mata
Bahaya hipertensi pada organ mata menyebabkan mata menjadi rabun. Hal ini terjadi karena peredaran darah ke mata terhambat, bahkan dalam keadaan parah menyebabkan pendarahan atau kebutaan. Tekanan darah yang terlalu tinggi menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan saraf pada mata.

5. Organ vital
Bahaya hipertensi pada organ vital baik laki-laki maupun perempuan dapat mengakibatkan terjadinya disfungsi ereksi (laki-laki) dan kehilangan gairah seksual, vagina terasa kering, dan tidak dapat melakukan orgasme (perempuan).

6. Tulang
Bahaya hipertensi pada tulang dapat memicu banyaknya kalsium yang terbuang melalui urine sehingga kepadatan tulang berkurang dan mudah keropos.

7. Penyakit stroke
Bahaya hipertensi menyebabkan pembuluh darah otak pecah (stroke). Stroke ialah kematian jaringan otak yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Stroke terjadi secara mendadak dan menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit (complete stroke).

8. Atrial fibrillation
Bahaya hipertensi juga menyebabkan terjadinya atrial fibrilasi. Atrial fibrilasi merupakan sejenis aritmia (irama tidak teratur dari jantung) yang bisa menyebabkan inefisiensi pompa jantung yang dapat memengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh dan jantung. Kondisi atrial fibrilasi bisa menyebabkan pembekuan darah kecil (trombus).

9. Penyakit arteri koroner
Bahaya hipertensi dapat mengakibatkan penyakit arteri koroner yang mengacu pembentukan sumbatan di pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke jantung.


Oleh: Bidan Esi Esasi
Editor: Adrie Noor
Sumber: mediskus.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :