Cara Mencegah Hipertensi (Darah Tinggi)

Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu apabila tekanan darah sudah dinyatakan tinggi maka segeralah melakukan program penurunan tekanan darah. Namun, tentu saja lebih baik mencegah daripada mengobati. Hipertensi dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu hipertensi yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan. Tentunya, cara mencegah hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi) perlu kita ketahui agar penyakit ini tidak berakibat fatal dan mendapat penanganan secara tepat.



cara mencegah hipertensi
  Tensimeter digital untuk mengukur tekanan darah (tensi)



Cara mencegah hipertensi

Berikut ini merupakan cara-cara mencegah hipertensi, di antaranya:
  1. Mengurangi konsumsi garam merupakan cara mencegah hipertensi karena garam bisa meningkatkan volume darah dalam tubuh;
  2. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium. Kalium, magnesium, dan kalsium dapat mengurangi tekanan darah tinggi;
  3. Cara mencegah hipertensi lainnya yaitu berhenti meminum atau makan yang mengandung alkohol;
  4. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur merupakan cara mencegah hipertensi. Selain itu, untuk menurunkan darah tinggi, pilihlah olah raga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu;
  5. Cara mencegah hipertensi selanjutnya konsumsilah makanan seperti sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk;
  6. Stres merupakan salah satu penyebab tekanan darah meningkat. Oleh karena itu, lakukan terapi antistres untuk mengurangi stres dan agar emosi terkendali;
  7. Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi;
  8. Kendalikan kadar kolesterol;
  9. Kendalikan diabetes;
  10. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Jika menerima pengobatan penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter untuk meminta obat penurun tekanan darah.
 

Cara Mencegah Hipertensi dengan Menghindari Penyebab Darah Tinggi

Hipertensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu hipertensi yang bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan. Berikut merupakan faktor penyebab hipertensi, di antaranya:

1. Keturunan
Keturunan merupakan faktor tidak bisa dikendalikan dan tidak ada cara mencegah hipertensi yang disebabkan faktor ini. Apabila berasal dari keluarga penderita riwayat hipertensi maka risiko terkena hipertensi lebih besar daripada yang bukan dari keturunan hipertensi.

2. Usia
Usia merupakan faktor tidak bisa dikendalikan dan tidak ada cara mencegah hipertensi yang disebabkan faktor ini. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan terkena hipertensi akan semakin meningkat.

Jenis-jenis penyebab tekanan darah tinggi

Berikut merupakan jenis-jenis penyebab tekanan darah tinggi yang bisa dikendalikan, di antaranya:
1. Garam
Hipertensi yang disebabkan karena garam merupakan faktor yang bisa dikendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, lansia, dan keturunan kulit hitam.

2. Kolesterol
Faktor ini bisa dikendalikan. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat.

3. Obesitas/kegemukan
Orang yang mengalami kegemukan memiliki risiko besar terkena hipertensi.

4. Stres
Stres dan kondisi emosi tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

5. Rokok
Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

6. Kafein
Kafein dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

7. Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara berlebih dapat meningkatkan tekanan darah.

8. Kurang olahraga
Kurang olahraga atau aktivitas fisik bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.


Oleh: Bidan Esi Esasi
Editor: Adrie Noor
Sumber: jawaban.com, kumpulan.info


Terima kasih untuk Like/comment FB :