Makanan Penyebab Hipertensi (Pantangan)

Makanan penyebab hipertensi pada umumnya harus diwaspadai oleh semua orang, bukan hanya bagi mereka yang sudah mengalami hipertensi saja, melainkan semua orang yang belum terkena hipertensi pun wajib untuk menghindarinya. Hipertensi menjadi penyakit berbahaya apabila penanganan yang dilakukan tidak tepat sehingga bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit lain. Salah satu pemicu terjadinya penyakit hipertensi ialah asupan makanan tidak sehat.

Makanan penyebab hipertensi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang menyebabkan hipertensi, contohnya ialah makanan berkadar kolesterol tinggi. Maka dari itu, agar terhindar dari penyakit ini, sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan seperti menghindari makanan penyebab cara pencegahan penyakit hipertensi, mengetahui gejala awalnya, mengetahui komplikasi yang dapat ditimbulkannya, dan lain sebagainya.


makanan penyebab hipertensi
Tensimeter Digital untuk Mengukur Tekanan Darah/Tensi



Makanan Penyebab Hipertensi yang Sebaiknya Dihindari

Makanan penyebab hipertensi sebaiknya dihindari, seperti makanan yang mengandung kolesterol dan lemak, garam, gula, kafein, dan alkohol. Makanan ini berpotensi meningkatkan tekanan darah hingga akhirnya terjangkit penyakit hipertensi.  Akibatnya organ tubuh akan rusak bila dikonsumsi penderita penyakit hipertensi yang sudah kronis.

Berikut ini adalah kandungan zat-zat pada makanan penyebab hipertensi.

1. Kolesterol dan Lemak
Makanan penyebab hipertensi yang mengandung kolesterol dan lemak sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Terutama bagi penderita hipertensi, makanan ini merupakan makanan pantangan yang harus dihindari. Makanan penyebab hipertensi yang mengandung kolesterol dan lemak contohnya ialah daging kambing, sapi, jeroan sapi atau kambing, berbagai jenis makanan cepat saji seperti pizza, hamburger, sosis, dan sebagainya. Makanan ini tidak hanya menyebabkan tekanan darah meningkat, tetapi bisa mengganggu kesehatan jantung.

2. Gula
Makanan penyebab hipertensi selanjutnya ialah makanan yang mengandung gula. Sebaiknya makanan yang manis atau mengandung gula harus dihindari terutama oleh penderita hipertensi. Contohnya soda, permen, es krim, dan sebagainya. Makanan penyebab hipertensi menyebabkan kelebihan berat badan atau lebih dikenal dengan obesitas, sedangkan seperti kita ketahui obesitas merupakan salah satu faktor risiko penyebab penyakit hipertensi.

3. Garam
Makanan penyebab hipertensi selanjutnya ialah makanan yang mengandung banyak garam. Makanan ini wajib untuk dikurangi. Saat memasak usahakan tidak menggunakan garam atau penyedap rasa lainnya karena bisa memicu penyebab hipertensi. Penggunaan garam dalam makanan sebaiknya tidak lebih dari 6 gram. Garam dapat membuat ginjal menahan cairan di dalam tubuh sehingga akan memengaruhi jantung bekerja lebih cepat.

4. Kafein dan Alkohol
Makanan penyebab hipertensi selanjutnya ialah makanan yang mengandung kafein dan alkohol. Kedua zat ini biasanya terdapat dalam minuman dan membuat kecanduan. Contoh minuman dan makanan yang mengandung kafein dan alkohol ialah minuman kopi, soft drink, dan berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol.

Penderita yang menghindari makanan penyebab hipertensi tersebut, setidaknya dapat mengontrol tekanan darah agar tidak meningkat. Selain empat jenis makanan di atas, sebenarnya masih banyak penyebab hipertensi lainnya seperti faktor usia karena semakin tua usia seseorang biasanya orang tersebut akan semakin berisiko terkena hipertensi. Selain itu, faktor genetik atau faktor keturunan masih menjadi salah satu faktor yang paling memengaruhi seseorang untuk menderita hipertensi.


Oleh: Bidan Esi Esasi
Editor: Adrie Noor
Sumber: dedaunan.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :