Obat Tradisional untuk Hipertensi

Upaya menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi bisa menggunakan obat-obatan resep dokter atau obat tradisional untuk hipertensi yang berasal dari bahan alami di sekitar kita. Obat tradisional untuk hipertensi di bawah ini mudah didapatkan dan harganya murah. Jika Anda menggunakan obat resep dokter sebaiknya selalu ikuti anjuran dokter tentang dosis dan cara pemakaiannya.



obat tradisional untuk hipertensi
 Tensimeter Digital untuk Mengukur tekanan darah

Obat Tradisional untuk Hipertensi

1. Mengkudu
Mengkudu merupakan obat tradisional untuk hipertensi karena mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan protein, vitamin, dan juga berbagai mineral penting banyak tersimpan dalam buah dan daun buah mengkudu. Kandungan selenium yang terkandung dalam buah mengkudu berkhasiat sebagai antioksidan yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

2. Pisang
Pisang merupakan buah yang bisa menurunkan hipertensi sehingga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk hipertensi. Selain itu, bisa juga menjadi obat kolesterol. Pisang merupakan buah yang kaya kalium dan beberapa kandungan penting yang bisa membantu menurunkan hipertensi.

3. Tomat
Kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, D, dan E yang banyak terdapat dalam buah tomat dinilai cukup efektif untuk memerangi hipertensi.

Obat Tradisional untuk Hipertensi dari Sayuran

1. Bawang Putih 
Bawang putih masuk dalam obat tradisional untuk hipertensi karena dengan mengonsumsi satu siung bawang putih saja ternyata bisa membantu mencegah pembekuan darah, penebalan pada pembuluh darah, dan mencegah penyumbatan pada jantung.

2. Mentimun
Mentimun merupakan jenis sayuran yang sering di gunakan sebagai lalapan.  Namun ternyata, mentimun memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mentimun merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan mineral potasium sehingga mentimun cukup efektif untuk melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Bawang merah
Bawang merah merupakan salah satu obat tradisional untuk hipertensi. Khasiat bawang merah berada di kulitnya, seringkali kita membuang bagian tersebut, ternyata bagian tersebut mengandung quercetin atau antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, bawang merah bermanfaat juga untuk mencegah kanker dan mengontrol kadar gula.

Obat Tradisional untuk Hipertensi dari Dedaunan

1. Daun seledri
Seledri merupakan obat tradisional untuk hipertensi karena memiliki kandungan kalium, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu penurunan tekanan darah tinggi. Untuk membuat obat tradional untuk hipertensi sangatlah mudah yaitu dengan cara dibuat jus. Seledri bekerja merenggangkan otot-otot dinding arteri sehingga melancarkan aliran darah.

2. Daun Salam
Daun salam bermanfaat sebagai obat tradisional untuk hipertensi. Untuk mengolahnya menjadi obat, yaitu dengan menyiapkan 10-15 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas. Tunggu sampai airnya surut sampai 1 gelas lalu dinginkan dan minum. Namun, daun salam bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan yaitu menimbulkan susah buang air besar. Selain untuk pengobatan hipertensi daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes.

3. Daun suji
Daun suji merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai pewarna makanan. Namun, daun suji berkhasiat  juga sebagai obat tradisional hipertensi yang cukup ampuh. Cara membuatnya yaitu dengan merebus daunnya dengan air lalu diminum secara rutin.

4. Daun papaya
Selain sebagai lalapan, daun papaya juga memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk hipertensi. Cara membuatnya yaitu dengan mengambil daun pepaya 5 lembar, cuci bersih kemudian ditumbuk, diremas-remas, dan ambil airnya. Minumlah obat tradisional untuk hipertensi ini 1 – 2 kali sehari sebanyak seperempat sampai setengah gelas.


Oleh: Bidan Sulistia
Editor: Adrie Noor
Sumber: dedaunan.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :