Obat Herbal untuk Hipertensi (Darah Tinggi)

Obat herbal untuk hipertensi banyak digunakan penderita penyakit hipertensi sebagai satu cara untuk mengobati penyakit hipertensi di samping cara medis.Obat herbal untuk hipertensi banyak macamnya, apalagi di Indonesia yang kaya akan berbagai jenis tumbuhan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan pengobatan herbal ialah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Obat herbal untuk hipertensi memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi, bahkan banyak pengguna yang sudah terbukti terhindar dari komplikasi akibat penyakit ini.


obat herbal untuk hipertensi
Tensimeter Digital untuk Pemeriksaan Tekanan Darah (Tensi)

Obat herbal untuk hipertensi dapat dijadikan pendamping obat utama atau obat farmakologi dan tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani. Pada umumnya obat herbal hipertensi tidak memiliki efek samping sehingga aman digunakan bersamaan dengan obat farmakologi. Obat herbal untuk hipertensi akan lebih terjamin kemurniannya apabila kita meraciknya sendiri. Namun, zaman sekarang sudah banyak produsen obat herbal untuk hipertensi yang menawarkan aneka obat herbal untuk mengobati penyakit hipertensi, tentunya kita harus selektif dalam memilih obat herbal yang tepat.

Obat Herbal untuk Hipertensi yang Aman Dikonsumsi 

Berikut ini beberapa obat herbal untuk hipertensi yang terbukti aman untuk digunakan dan berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

Bunga Lavender

Obat herbal hipertensi pertama yang aman untuk dikonsumsi ialah bunga lavender. Tanaman bunga levender selain dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk, dapat juga  digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hasil riset Universitas Creighton menunjukkan dengan memijat dan menggosokkan tubuh menggunakan minyak bunga lavender dapat mengurangi tekanan darah tinggi sampai 50 persen. Bunga lavender mempunyai fungsi sebagai vasodilator untuk memperlebar dan membuat rileks pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah turun. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, minyak lavender dapat juga digunakan sebagai pelembap tubuh atau dicampur dengan air saat mandi. Tekanan darah akan turun sebesar 50 persen apabila perawatan ini dilakukan rutin. Selain itu, bunga lavender dapat dikonsumsi dalam bentuk teh yang bermanfaat untuk  menyembuhkan insomnia dan sakit perut.

Gandum

Obat herbal untuk hipertensi yang kedua ialah gandum. Gandum sangat dianjurkan untuk menjadi menu makanan sehari-hari terutama bagi penderita hipertensi. Kandungan gandum memiliki serat yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu, gandum juga berkhasiat untuk menormalkan kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh, apalagi gandum yang diolah atau diproses bersama dengan seratnya atau whole grain. Selain gandum, kandungan serat yang banyak terdapat pada  buah-buahan seperti buah apel sehingga penggunaan gandum bersamaan dengan saus apel akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Buah Aprikot

Obat herbal untuk hipertensi yang ketiga ialah buah aprikot. Buah ini mengandung 1400 mg potasium dan 15 mg sodium. Selain itu, buah aprikot juga mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Buah aprikot memiliki sedikit garam sehingga buah ini disarankan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Namun, alangkah baiknya ketika mengonsumsi buah ini diiringi dengan minum air yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: daherba.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :