Obat Hipertensi Alami dari Tumbuhan

Obat hipertensi alami ialah obat-obatan tradisional yang berbahan dasar dari alam yang diolah untuk mengobati penyakit hipertensi. Obat alami bisa diperoleh dari alam dan lingkungan sekitar kita. Tentunya hal ini dapat menghemat biaya dalam mengobati penyakit hipertensi. Selain itu, pengobatan dengan menggunakan obat hipertensi alami dapat dijadikan sebagai obat pilihan kedua di samping menggunakan obat hipertensi secara farmakologis. Obat secara medis memiliki keampuhan dalam mengobati penyakit hipertensi, tetapi  pengobatan secara farmakologis membutuhkan  biaya yang cukup besar daripada pengobatan dengan menggunakan obat hipertensi alami.

Negara Indonesia kaya akan rempah-rempah dan hasil alam. Hasil alam tersebut sebagian digunakan untuk pengobatan, khususnya pengobatan hipertensi. Obat hipertensi berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan, kini banyak digemari oleh kalangan masyarakat sehingga tak jarang masyarakat menjadikan obat hipertensi alami sebagai pengobatan utama penyakit hipertensi.



obat hipertensi alami
Tensimeter Digital untuk Mengukur Tekanan Darah (Tensi)

Obat hipertensi alami merupakan pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan pengobatan secara tradisional. Pengobatan secara tradisional ini berbahan dasar dari alam. Mengingat tekanan darah tinggi memiliki keterkaitan dengan masalah kesehatan pembuluh darah karena penyakit hipertensi disebabkan adanya gangguan di sistem pembuluh darah seperti adanya pengerasan dan penyumbatan arteri. Akibat penyempitan pembuluh darah, jantung harus bekerja ekstra keras agar darah yang dipompakan sampai di pembuluh darah. Untuk mengatasi gangguan ini diperlukan obat hipertensi yang diramu secara alami.

Obat hipertensi alami memiliki beberapa keunggulan dibandingkan obat hipertensi farmakologis. Selain harganya yang murah, obat alami memiliki efek samping minimal, bahkan ada beberapa obat hipertensi alami tidak memiliki efek samping sama sekali.

Obat Hipertensi Alami dari Tumbuhan

Berikut ini beberapa obat hipertensi alami yang aman untuk dikonsumsi dan telah terbukti ampuh untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

1. Tanaman daun salam 
Tanaman daun salam memiliki nama ilmiah syzigium polyanthum. Tanaman ini digunakan sebagai obat hipertensi alami karena kandungan zat daun salam. Selain hipertensi, tanaman daun salam juga dapat mengobati penyakit kolesterol, penyakit diabetes, dan lain-lain. Obat hipertensi berbahan dasar daun salam dapat dibuat dengan cara merebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Biarkan air rebusan tersebut dingin lalu minum air tersebut sekaligus pada malam hari. Apabila dilakukan secara rutin dapat memberikan hasil yang maksimal.

2. Tanaman rumput laut
Tanaman rumput laut memiliki nama ilmiah laminaria japonica. Tanaman ini dapat dijadikan obat hipertensi alami karena dapat menormalkan tekanan, menurunkan kolesterol tinggi serta mencegah arterosklerosis.

3. Tanaman blewah
Tanaman mengkudu memiliki nama ilmiah morinda citrifolia l. Tanaman ini dapat dijadikan obat hipertensi alami dengan cara meraciknya menjadi minuman. Minuman dari tanaman mengkudu dibuat dengan cara memblender mengkudu yang matang kemudian diambil airnya kemudian air mengkudu dicampur dengan madu dan diminum setiap pagi sebelum sarapan.

4. Tanaman temu hitam
Tanaman temu hitam memiliki nama ilmiah curcuma aeruginosa roxb. Selain berkhasiat sebagai obat hipertensi, tanaman ini berkhasiat melancarkan sirkulasi darah dan mencairkan gumpalan darah serta menetralkan racun di dalam tubuh. Untuk membuat obat hipertensi dari tanaman temu hitam, temu hitam diracik dengan kuntum bunga soka dan kuntum bunga mawar.


Oleh: Bidan Esi Esasi
Editor: Adrie Noor
Sumber: obatnaturals.blogspot.com


Terima kasih untuk Like/comment FB :