Pencegahan Hipertensi secara Umum

Pencegahan hipertensi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pencegahan hipertensi ini bertujuan untuk menghindari penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit darah tinggi merupakan sebutan penyakit hipertensi  oleh masyarakat umum. Penyakit hipertensi ditandai beberapa gejala, seperti pusing, mata berkunang-kunang, penglihatan kabur, dan lain sebagainya. Dari tanda-tanda tersebut, dapat diidentifikasi bahwa penyakit hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya. Bila penyakit tersebut dibiarkan berkembang, dapat menimbulkan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Pepatah bijak menyatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Alangkah baiknya apabila pencegahan hipertensi pun dilakukan sejak dini. Cara yang baik untuk melakukan pencegahan hipertensi dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari karena dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.



pencegahan hipertensi
Tensimeter Digital untuk Mengukur Tekanan Darah atau Tensi


Penyakit hipertensi bisa bersifat akut maupun kronik. Namun, pada umumnya penyakit ini terjadi akibat perubahan tekanan darah secara mendadak atau spontan. Akibat kejadian ini, jantung harus bekerja keras untuk menyeimbangkan tekanan darah di dalam pembuluh darah sehingga apabila keadaan ini dibiarkan terus-menerus dapat mengganggu kinerja dan fungsi jantung. Agar hal ini tidak terjadi, kita dapat melakukan tindakan pencegahan hipertensi.

Pencegahan Hipertensi secara Umum


Berikut ini merupakan tindakan pencegahan hipertensi secara umum.

1. Menjaga berat badan tetap ideal
Pencegahan hipertensi yang pertama yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Peningkatan berat badan terjadi terutama pada penderita yang menerapkan pola makan yang salah. Pola makan yang salah ini dapat meningkatkan berat badan berlebih atau obesitas yang dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Oleh karena itu,  pengontrolan terhadap berat badan dengan mengatur pola makan sangat penting untuk diterapkan. Langkah ini merupakan cara terampuh untuk mencegah hipertensi. Pengaturan pola makan di antaranya dengan mengatur makanan yang rendah lemak, mengandung sedikit kolesterol, dan yang paling penting menghindari makanan daging-dagingan terutama daging kambing. Pencegahan hipertensi dengan mengatur pola makan agar berat badan tetap ideal bukan berarti harus mengurangi porsi makan. Namun, diusahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak dan rendah kolesterol. Maka dari itu, untuk makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi dapat digantikan dengan karbohidrat kompleks seperti kentang dan ketela.

2. Mengubah gaya hidup
Pencegahan hipertensi yang kedua yaitu dengan mengubah gaya hidup. Gaya hidup yang sehat dapat menjamin kita terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit hipertensi. Pada umumnya penyakit hipertensi terjadi pada orang-orang dengan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat tersebut seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengonsumsi makanan cepat saji, dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui, contoh gaya hidup tersebut tidak baik untuk kesehatan sehingga mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat merupakan langkah efektif dalam pencegahan hipertensi.

3. Menghindari stres
Pencegahan hipertensi yang ketiga yaitu dengan menghindari stres. Menghindari stres merupakan langkah pencegahan karena penyakit hipertensi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor luar melainkan faktor dalam. Stres merupakan faktor dalam yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit hipertensi.


Oleh: Bidan Esi Esasi
Editor: Adrie Noor
Sumber: menurunkantekanAndarahtinggi07.wordpress.com.


Terima kasih untuk Like/comment FB :